2 komentar

"Ntumbu tuta" bukan ajang perkelahian

Kalau jalan-jalan ke bima, tidak enak rasanya bila tidak menonton tradisi unik nan lucu ini. Mungkin bagi masyarakat lain, tradisi ini terlihat aneh, 2 orang melakukan adu kepala tanpa terasa sakit sedikitpun. Untuk dapat melihat sebagian dari kekayaan itu, Anda harus mendatangi beberapa desa yang penduduknya masih bisa atau menguasai proses pelaksanaan adu kepala dan tarian dengan senjata tajam. Datanglah ke Desa Maria, Kecamatan Wawo. Sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Bima ke arah timur. Bicaralah dengan Kepala Desa, karena untuk melaksanakan tarian itu harus mengerahkan cukup banyak penduduk. Soal biaya bisa dirundingkan. Kira-kira sekitar Rp. 1 – 2 juta, tergantung lama pertunjukkan yang pastinya akan dilaksanakan di halaman lumbung khas Masyarakat Bima.

Bunyi benturan dua kepala, dipastikan membuat ngilu penonton. Tapi dua orang pemilik kepala yang diadu tenang-tenang saja. ”Jangan khawatir, tidak akan ada yang terluka, semuanya masih bugar. Boleh coba, jangan takut, pasti tidak akan sakit.” ajak Sulaeman Hemon, 64 thn, juru mantra Desa Maria kepada penonton.

Di sinilah kuncinya. Sebelum atraksi, Sulaeman membaca mantra sambil membawa air putih. Beberapa orang yang akan mengadu kepala ikut komat-kamit. Lalu, mereka mengusapkan air putih tadi ke kepala, dahi, kemudian meminumnya. Mantrapun bekerja. Setelah mengambil ancang-ancang, mereka saling seruduk dan mengaku tidak merasakan apa-apa.

Adu kepala atau Ntumbu merupakan kesenian yang dulu sering dimainkan di setiap pesta dan ritual adat. Selain Ntumbu ada juga Tari Manca dan Buja Kadanda. Dua tarian ini juga menggunakan mantra. Pasalnya, dalam tarian itu terjadi saling serang dengan menggunakan pedang dan tombak betulan.

Memeriahkan suasana, setiap ritual kesenian diiringi musik khas Bima, utamanya lewat Tabuhan Gendang dan Tiupan ”Silu” (alat musik tiup semacam terompet yang terbuat dari daun lontar). Meriah, penuh warna, mengandung unsur magic, tapi tidak menakutkan.

Tertarik? Datanglah dan ikuti petualangannya. Anda bisa kok melakukan sendiri adu kepala tersebut. Hehehe

read more
0 komentar

Pacuan Kuda Bima


Inilah satu lagi keunikan Bima. Acara "pacoa kuda" (pacuan kuda) sudah menjadi kegiatan rutin dan tradisi sekitar. Datang ke Bima berarti harus meluangkan waktu menonton Pacuan kuda. Lupakan Khayalan tentang hotel mewah dan spa. Langsung saja menengok kekayaan adat dan budaya  di Kabupaten paling timur yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini.



Maka, bersiaplah memacu adrenalin. Terjebak dalam kepulan debu, menangkap kibaran warna-warni pakaian joki, pun derap puluhan kaki kuda.Joki cilik beraksi sambil menggerakkan pecut di tangan. Tampil berani, hanya dengan pengamanan sangat minim. Tanpa helm, tanpa pelana dan tanpa alas kaki. Alamiah, menyatu bersama denyut dan dengus napas kuda pacuan.

Pacuan Kuda dan joki cilik merupakan satu dari sekian banyak agenda wisata andalan Bima. Sangat diminati penduduk lokal, juga wisatawan dalam dan luar negeri. Pasukan berkuda ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dahsyat, mempertontonkan keahlian joki-joki cilik. Rata-rata usia mereka tak lebih dari 10 tahun. Gagah sekaligus mengundang cemas.

Terik matahari tak menyurutkan langkah penonton. Termasuk di suatu siang, di lapangan pacuan kuda yang terletak di Desa Sambina’e. Satu aba-aba, tanda perlombaan dimulai segera disambut hamburan debu. Joki cilik yang berumur 5 tahun keatas membungkukkan badan mengikuti irama kaki kuda, memukulkan cemeti untuk memacu laju, sambil menjaga keseimbangan di atas punggung kuda.

Beberapa kali penonton terpekik menyaksikan aksi sikut dan tubruk para joki. Kuda sengaja didekatkan hingga bersinggungan dengan kuda lain. Tujuannya memang menghalangi laju lawan. Sesekali mereka kehilangan keseimbangan, melorot ke samping, namun dengan sigap kembali ke posisi semula.
read more
0 komentar

Uniknya makna upacara U'a Pua


U’a Pua dalam bahasa melayu disebut” Sirih Puan”  adalah satu rumpun tangkai bunga telur berwarna warni yang dimasukkan ke dalam satu wadah segi empat. Jumlah bunga telur tersebut berjumlah 99(Sembilan Puluh Sembilan) tangkai yang sesuai dengan Nama Asma’ul Husna. Kemudian di tengah-tengahnya ada sebuah Kitab Suci Alqur’an.

U’a Pua ditempatkan di tengah-tengah sebuah Rumah Mahligai(Bima: Uma Lige) yang berbentuk segi empat berukuran  4×4 M2. Bentuk Uma Lige ini  terbuka dari ke empat sisinya. Atapnya bersusun dua, sehingga para penari lenggo Mbojo yang terdiri dari empat orang gadis, dan penari lenggo melayu yang terdiri dari empat orang perjaka, beserta para penghulu melayu dan pengikutnya yang berada di atas dapat dilihat oleh seluruh mayarakat sepanjang jalan.

Uma Lige tersebut diusung oleh 44 orang pria yang berbadan kekar sebagai simbol dari keberadaan 44 DARI MBOJO yang terbagi menurut 44 jenis keahlian dan ketrampilan yang dimilikinya sebagai bagian dari struktur Pemerintahan kesultanan Bima. Mereka melakukan start dari kampung melayu menuju Istana Bima untuk diterima oleh Sultan Bima dengan Amanah yang harus dikerjakan bersama yaitu memegang teguh ajaran Agama Islam.

Upacara U’a Pua dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang juga dirangkai dengan penampilan atraksi Seni Budaya masyarakat Suku Mbojo (Bima) yang berlangsung selama 7 hari. Prosesi U’a Pua diawali dengan Pawai dari Istana Bima yang diikuti oleh semua Laskar Kesultanan, Keluarga Istana, Group Kesenian Tradisional Bima dengan dua Penari Lenggo yang dilengkapi dengan Kelompok Penunggang Kuda (Jara Sara’u).

Selama proses pawai berlangsung Group Kesenian terus memainkan Genda Mbojo, Silu dan Genda Lenggo. Ketika memasuki Istana, Penunggang Kuda menari dengan suka ria (Jara Sara’u), Sere, Soka dan lain-lain sampai Ketua Rombongan bertemu dengan Sultan yang diiringi dengan Penari Lenggo. Pada sa’at itu diserahkan ”Sere Pua” dan Al-Qur’an kepada Sultan.


Sumber: wisatamelayu.com dan http://sarangge.wordpress.com

read more
0 komentar

Pakaian adat "Bodo" bima

Ada yang bilang pakaian adat Bima hampir mirip dengan pakaian adat Sulawesi Selatan. Semua itu memang tidak dapat dielakkan lagi karena ikatan sejarah antara kerajaan Bima dan Makassar, Gowa, Bone dan Tallo itu memiliki hubungan dan ikatan kekeluargaan serta kekerabatan. Proses pembauran dan asimilasi budaya itu telah berlangsung lama dan mempengaruhi juga cara berbusana dan motif busana yang dikenakan. Meskipun ada beberapa perbedaan antara busana adat Bima dengan Sulawesi Selatan.

Warna yang menonjol dalam pakaian adat Bima antara lain hitam, biru tua, coklat, merah dan kemerah-merahan serta putih. Untuk pakaian wanita memakai kain sarung kotak-kotak yang dikenal dengan sebutan Tembe Lombo. Disamping pakaian sehari-hari pakaian adat juga diatur oleh pihak Kesultanan. Yang diatur oleh Majelis Adat yang disebut KANI SARA. Prosedur dan Tata Cara pemakaiannya pun telah diatur dalam ketetapan Hadat. Dalam kehidupan sehari-hari orang Bima mempunyai pakaian sendiri. Khusus untuk wanita meliputi Baju Poro. Baju ini terbuat dari kain yang agak tipis tetapi tidak tembus pandang. Umumnya berwarna biru tua, hitam, coklat tua dan ungu. Bagi gadis-gadis Bima biasanya memakai warna ungu atau coklat tua. Para wanita pun memakai aneka perhiasan seperti gelang, anting dan lain-lain. Namun terlarang untuk memakai secara berlebihan.


Kaum Pria mempunyai pakaian sehari-hari yang khas. Yang lazim adalah Sambolo atau Ikat Kepala. Umumnya bercorak kotak-kotak dan dihiasi tenunan benang perak/emas. Terkadang lelaki memakai baju kemeja atau baju lengan pendek atau jas tutup dengan warna putih atau hitam atau warna cerah lainnya. Untuk sarung biasanya memakai sarung pelekat yang dikenal dengan nama Tembe Kota Bali Mpida yang bercorak Kotak-kotak atau memaki Tembe Nggoli yang pemakaiannya agak panjang atau terjurai pada bagian depannya.

Untuk hiasan kaum pria memakai Salampe, sejenis dodot yang dililitkan dipinggang. Biasanya salampe berwarna dasar kuning, merah, hijau dan putih. Bagi orang dewasa biasanya menyelipkan pisau pada lilitan Salampe. Letaknya agak ke kiri pusar, sedangkan hulunya agak terjurai ke kanan. Pakaian dan busana adat Bima sangat banyak. Ini adalah kekayaan dan kearifan masa silam yang seharusnya dipertahankan dari terpaan arus globalisasi saat ini. Hanya beberapa saja yang masih dapat dilihat dan diperagakan hingga saat ini. Perlu ada upaya serius untuk melestarikan dengan berbagai kebijakan Pemerintah Daerah agar pakaian adapt ini tidak punah ditelan arus zaman. Perlu ad aide kreatif untuk mempertahankannya misalanya dengan menggelar Show Busana Adat Bima atau menetapkan dalam Peraturan Daerah tentang pelestarian Pakaian Adat Bima.

Sumber: Ensiklopedia Bima, Muslimin Hamzah
read more
0 komentar

3 Primadona Bima

Sepertinya tidak afdol kalau suatu daerah tidak mempunyai produk unggulan kebanggaan. Begitu pula dengan Bima. Produk unggulan Bima yang sudah banyak terkenal diseluruh pelosok negri adalah madu alam Bima, tembe nggoli (sarung tenun) dan mutiara alam. Yaps, ketiganya seakan menjadi primadona Bima.

Madu alam bima merupakan hasil alam yang berasal dari lebah liar (hutan) yang memiliki khasiat tinggi. Hal ini dikarenakan berasal dari nectar berbagai macam bunga dalam hutan asli. Maka tak heran bila madu alam bima banyak dicari baik oleh penduduk sekitar maupun masyarakat luar Bima. Di bima selain madu merah yang sering diketahui, juga terdapat madu putih yang jika disimpan lama akan mengkristal sehingga disebut madu kristal.
Tembe nggoli khas bima adalah sarung tenun khas Bima yang terbuat dari benang kapas (katun) dengan warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan. Sarung tenun khas bima memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan sarung tenun daerah lain yaitu hangat, halus, lembut, tidak mudah kusut, warna cemerlang lebih lama. Bagi orang bima memakai sarung masih menjadi kebiasaan baik bagi pria maupun wanitanya. Wanita bima biasanya memakai sarung sebagai bawahan ataupun sebagai "Rimpu" (cara menutup aurat dengan cara menutup wajah atau mata saja).


Mutiara alam bima sekarang dapat dikatakan sebagai salah satu produk dari Bima, karena semakin banyak penghasil/pengambil mutiara di Bima, misalnya di daerah Karumbu, Sape dan lain-lain.




read more
0 komentar

Sepi yang lezat dan unik


Nah, kuliner khas yang satu ini tak kalah kualitas rasanya dibandingkan kuliner yang lain. Sepi (huruf "e" dibaca kasar) adalah makanan khas Bima yang terbuat dari udang rebon (anak udang yang sangat kecil yang orang Bima biasa sebut dengan sepi bou). Dimana udang rebon difermentasikan dengan garam saja sampai mengeluarkan aroma khas.

Uniknya lagi, sepi bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Tapi, kalau mau menambahkan dengan cabe rawit dan air jeruk purut pun tambah mantap. Rasa sedap dan segar yang dihasilkan dari jeruk purut akan lebih terasa. Sepi juga bisa dikolaborasikan dengan aneka macam bumbu sehingga menghasilkan masakan yang tak kalah lezat. Seperti tumis sepi dengan menggunakan bumbu dapur biasa, lengkuas, sereh dan kemangi. 
read more
0 komentar

Kuliner Uta Maju di Kota Bima


Jalan-jalan ke Kota Bima tidaklah lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner uta maju (daging rusa/kijang). Uta Maju di daerah berbeda dengan uta maju daerah lain, karena biasanya daging rusa di Bima diawetkan dengan cara didendeng. Dendeng daging rusa tidak memakai bumbu yang macam-macam seperti dendeng umumnya yang memakai ketumbar dan gula. Tetapi hanya menggunakan garam. Entah karena orang Bima jaman dahulu tidak mengenal bumbu yang lain atau bagaimna, namun cita rasa orisinilnya tidak dapat dikalahkan dengan dendeng umumnya. Sangat lezat dan dagingnya berserat empuk. 

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena biasanya jenis dendeng seperti ini dapat diolah kembali menjadi berbagai macam aneka macam makanan lagi. Seperti mpal goreng, dendeng balado atau bisa juga disayur atau makanan berkuah. Selain itu juga bukan hanya dagingnya saja yang dapat dibuat dendeng, biasanya orang Bima juga mengubah tulang iga untuk diawetkan. Unik kan? Tidak ada salahnya mencoba kuliner yuk.  

Sumber: bimacenter.com dan http://ademataho.multiply.com
read more
0 komentar

Bima Kota Kerajaan

Museum ASI Mbojo-Bima
Suatu daerah pasti mempunyai asal usul tersendiri, budaya, dan sejarah masing-masing. begitu juga pun dengan Daerah Bima yang dulu pernah merupakan sebuah kerajaan yang swapraja selama lima atau enam abad sebelum lahirnya Republik Indonesia. Sejarah kerajaan Bima hanya diketahui secara dangkal, disebabkan terutama karena pemerintah Belanda boleh dikatakan tidak menaruh minat terhadap Bima, asal keamanan dan ketertiban tidak terganggu. Namun dari Dua sumber lain dapat ikut menjelaskan perkembangan sejarah Bima.


Pertama, ilmu arkeologi yang selama ini hanya mengungkapkan segelintir peninggalan yang terpisah-pisah. Namun ilmu arkeologi itulah yang barangkali akan berhasil menentukan patokan-patokan kronologi terpenting dari masa prasejarah sampai masa Islam. Kedua, sejumlah dokumen dalam bahasa Melayu yang ditulis di Bima antara abad ke-17 sampai dengan abad 20. Bahasa Bima merupakan bahasa setempat yang dipakai sehari-hari di Kabupaten Bima dan Dompu (nggahi Mbojo). Bahasa tersebut jarang, dan sejak masa yang relatif muda, digunakan secara tertulis. Beberapa teks lama yang masih tersimpan dalam bahasa tersebut, tertulis dalam bahasa Arab atau Latin. Tiga jenis aksara asli Bima pernah dikemukakan oleh pengamat-pengamat asing pada abad ke-19, tetapi kita tidak mempunyai contoh satu pun yang membuktikan bahwa aksara tersebut pernah dipakai. Oleh karena itu bahasa Bima rupanya tidak pernah menjadi bahasa tertulis yang umum di daerah tersebut. Pada jaman dahulu, bahasa lain pernah digunakan.
Dua prasasti telah ditemukan di sebelah barat Teluk Bima, satu agaknya dalam bahasa Sanskerta, yang lain dalam bahasa Jawa kuno. Selanjutnya bahasa Makassar dan bahasa Arab kadang-kadang dipakai juga. Ternyata sejak abad ke-17 kebanyakan dokumen tersebut resmi ditulis di Bima dalam Bahasa Melayu.

read more
1 komentar

Pulau Gili Banta dan misteri alamnya


Bima adalah kota sebelah timur pulau Sumbawa sehingga tidak heran bila wisata yang dapat dikembangkan disana adalah wisata laut. Salah satunya wisata Pulau Gili banta Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB. Pulau yang berada di jalur pelayaran Sape-Labuan Bajo ini, berbatasan dengan laut Flores di sebelah Utara dan Barat, sebelah selatan dengan selat sape dan sebelah timur dengan pulau Komodo. Pulau ini adalah pulau yang jarang di kunjungi oleh penduduk maupun nelayan lokal karena arusnya sangat deras dan berputar-putar. Namun di balik keganasan arusnya Gili banta memiliki sejuta pesona alam yang menggelitik jiwa.

Diantaranya pesona terumbu karang bawah lautnya yang berwarna violet dan hitam, rumput laut yang terdapat di sela-sela karang, biota laut seperti kima, lobster, bintang laut, ikan kepe-kepe dan yang lebih menakjubkan setiap bulan Juni-Juli sering terjadi migrasi bagi lumba-lumba dan paus. Jadi, tak ada salahnya kalau mau berkunjung ke pulau ini di bulan Juni atau Juli.

Untuk bisa sampai ke pulau ini memang tidak ada sarana transportasi khusus, disebabkan oleh jarangnya wisatawan yang mengenal pulau ini. Penyebarangan ke Gili banta dari selat sape dapat ditempuh selama 3 jam dengan menggunakan perahu motor.

Sumber: www.kp3k.dkp.go.id

read more
1 komentar

Pesona Torowamba yang tersembunyi

Ini salah satu pilihan tempat wisata di Bima, yah pantai Torowamba. Pantai ini terletak di Desa Lamere Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB. Pantai ini berjarak 2 km dari pemukiman penduduk sekitar dan lebih kurang 6 jam dari kecamatan Sape. Untuk pergi ke pantai Torowamba dapat di tempuh dengan kendaraan beroda dua maupun beroda empat. 



Torowamba memiliki pesona sajian alam yang khas daerah tropis dengan pantai sepanjang 200 meter yang jernih dan hamparan pasir putih. Dimana kita bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti berenang, bersantai, diving, memancing, snorkling bahkan berjemur. Selain itu disekitar pantai juga disediakan penginapan yang sangat berartistik lokal. Dijamin deh, kalau berlibur disini pasti sangat menyengkan sekali.


Selain itu kita dapat menikmati karang biru yang beraneka warna dan berbagai macam ikan hias. Di depannya juga terdapat bukit kecil yang menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan agar mengunjunginya. Sungguh-sungguh rahmat Tuhan yang menakjubkan. 


Sumber: http://alanmalingi.wordpress.com
read more
0 komentar

Pulau Ular Sebagai Aset Wisata Bima


Kenapa saya sebut sebagai aset?
Karena pulau ini benar-benar masih alami, belum terjamah oleh tangan manusia dan kenapa disebut pulau ular?
Karena di pulau ini terdapat habibat ular-ular laut. Eits, jangan takut dulu karena ular-ular laut yang berada di pulau ini sudah tergolong ular jinak. 

Pulau ular terletak di tengah perairan bagian timur, lebih tepatnya di Desa Sai Kecamatan Wera Kabupaten Bima NTB. Selain pulau ini masih alami tanpa hunian manusia, pulau ini juga dapat dikategorikan strategis karena terletak di antara dua objek wisata andalan Bima yaitu pulau Gilibanta dan Tolowamba. Serta dari pulau ini kita dapat memandang pulau Sangiang yang terdapat gunung Berapi Sangiang. Untuk datang ke pulau ular ini hanya diperlukan waktu 2-3 jam perjalanan darat dari Kota Bima menuju ke pantai Oi Caba Kecamatan Wera, setelah itu dilanjutkan dengan menyebrang dengan menggunakan perahu motor penduduk sekitar 15 menit dengan harga Rp. 50.000 per orang (kalau hari libur Rp. 10.000 per orang).

Mendengar kata ular pasti yang terlintas di benak kita adalah hewan melata yang menakutkan, tapi yakinlah kalau ular-ular disini jinak. Malah bila dilihat dengan seksama warna kulit dari ular-ular ini sangatlah unik yaitu warna putih silver kombinasi hitam mengkilap. Katanya waktu yang baik berkunjung ke pulau ini adalah pada saat pagi hari ketika ular-ular berenang ke laut dan mencari makan atau ketika mereka sedang berjemur menghangatkan badan. 

Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, ular tersebut memang berbentuk seperti ular laut. ekornya pipih seperti ekor ikan, warnanya putih silver dan hitam mengkilat. Ketika dipegang tidak terasa licin sama sekali sebagaimana layaknya ular-ular di darat. Kulitnya lebih terasa kesat dan bersirip seperti ikan. Walau hidup liar, mereka sangat jinak dan ramah terhadap pengunjung. Ketika dipegang mereka sama sekali tidak menggigit atau melilit. Bahkan ketika dipegang dalam jumlah yang cukup banyak, ular-ular tersebut tetap jinak. Tunggu apa lagi, ada yang mau kesana?? 


read more
0 komentar

Mengenal Bima ku

       Suatu hari, dosen saya pernah bertanya kota asal mahasiswa-mahasiswanya. Dengan sigap saya pun memberitahukan bahwa kota yang telah membesarkan saya adalah Bima. Tetapi tak lama setelah muncul celetukan-celetukan dari teman mahsiswa, " Bima itu dimana yah?. Koq saya baru pernah dengar".
Aduuh,,rasanya miris sekali, kota ku sampai segitu tidak terkenal dimata teman-teman. Nah, daripada hal itu terulang lagi, sekarang saya mau cerita-cerita tentang kota ku itu, siapa tahu diantara teman-teman nantinya ada yang mau berkunjung kesana.  
            
            Bima adalah sebuah kota yang terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa NTB. Kota ini tergolong kota yang panas dan gersang. Inilah sebenarnya yang membuat saya sedikit sedih dengan keadaan kota ku. Dimana-mana hutannya tidaklah berwarna hijau melainkan coklat. Tapi diluar itu semua Bima ku menyimpan sejuta pesona yang rugi bila teman-teman lewatkan.

              Kegiatan yang berkembang di Bima adalah kegiatan di bidang perikanan meliputi usaha budidaya perikanan air laut payau dan air tawar yang banyak menghasilkan ikan Bandeng, udang dan rumput laut.
Selain itu kota Bima juga sebenarnya mempunyai potensi peternakan yang cukup prospektif, tapi karena masyarakat disana yang belum mengerti bagaimana cara mengolahnya, jadi agak tidak dimanfaatkan.

                 Mau tahu lagi keseluruhan tentang kota Bima? Baca aja di postingan-postingan selanjutnya.(ek)

Sumber: wikipedia.org
read more
0 komentar

Indonesia Oh... Indonesia

       Siapa yang tidak mengetahui gegap gempita di dunia persepakbola Indonesia saat ini. Seakan-akan semua mata dan perhatian rakyat Indonesia tertuju kepada Timnas Indonesia. Sesaat melupakan persoalan-persoalan yang melanda negri ini, seperti bencana meletusnya merapi, tsunami mentawai maupun gunung bromo. Semakin mendekati final AFF Suzuki cup 2010, para pemain Timnas Indonesia makin berlatih serius. Oleh karena itu para pemain diharapkan dapat menjaga staminanya. Namun, kenyataannya seusai mengalahkan Filipina di laga semi final leg 2 (19/12), para Timnas di undang ke kediaman Aburizal Bakrie dan pada hari kamis (23/12) kemarin para Timnas mengadakan istighosah di pesantren Assyidiqiyah ke­do­ya, Jakarta Barat.
google.com
       Hal ini mengundang kecaman di media. Dimana dalam program beritanya jumat siang (24/12), mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut tidaklah penting dan dapat menyita energi para pemain. Para pemain yang seharusnya dapat fokus pada final besok malah disibukkan dengan berbagai kegiatan yang bersifat individual.
          Nah, disinilah diharapkan peran para manajer pemain dan PSSI agar dapat lebih menjaga stamina dan energi para pemain, mengingat para pemain kita yang banyak mengalami cedera. Walaupun memang tidak dapat disalahkan kegiatan-kegiatan tersebut, seperti istighosah.(ek).


read more
0 komentar

Isi Pesan Sebuah Foto dalam perspektif Komunikasi

Sumber: google.com

Ada yang tahu arti foto diatas? Mungkin sebagian dari kita akan berpikiran bahwa foto itu adalah foto orang yang sedang mengadakan rapat. Yaps,,kalian benar. Itu memang foto dokumentasi para pekerja yang sedang merapatkan sesuatu. Namun, ternyata itu bukan hanya mengandung satu pesan, lebih khususnya dalam perspektif komunikasi. Mau tahu kan apa saja pesan yang terkandung?

Ø  Gambar diatas merupakan gambar komunikasi antar personal perspektif komponensial. Hal ini terlihat bahwa di gambar tersebut terdapat komponen-komponen atau unsur-unsur komunikasi, seperti terdapat :
1.      Pengirim (komunikator). Terlihat bahwa komunikatornya adalah salah satu orang yang sedang berbicara di depan teman atau relasi kerjanya.
2.      Penerima (komunikan). Dari gambar terlihat bahwa yang menjadi komunikan adalah orang-orang yang lain selain komunikator yang sedang berbicara tadi dan disini terdapat banyak komunikan (lebih dari satu).
3.      Encoding-decoding. Gambar diatas tentunya sudah terdapat proses encoding dan decoding karena terdapat umpan balik dari komunikan.
4.      Pesan. Pada gambar itu jelaslah terdapat pesan yang disampaikan oleh komunikator buktinya komunikasi diatas berjalan secara efektif karena terdapat timbal balik dari pesan yang disampaikan komunikator.
5.      Saluran (channel). Gambar diatas selain menggunakan pancaindera sebagai media juga menggunakan media elektronik yaitu komputer dan LCD proyektor.
6.      Feedback (umpan balik). Gambar diatas sudah tentu memiliki feedback yaitu adanya tanggapan-tanggapan dari komunikan baik berupa kata-kata ataupun senyuman yang dapat kita lihat.
7.      Efek. Efek dari komunikasi diatas adalah adanya keputusan-keputusan yang diambil dari hasil rapat tersebut.

Ø  Adapun model komunikasi dari gambar diatas adalah menggunakan model komunikasi sirkuler (two way communication), karena komunikasinya berjalan secara dua arah baik dari si komunikator maupun komunikan. Tepatnya model Wilbur Schramm karena dari gambar tersebut terdapat encoder, decoder, interpreter, dan message.

Ø  Gambar diatas juga mengandung persepsi yaitu persepsi objek, karena objek pada gambar dapat ditangkap oleh pancaindera kita, tepatnya oleh mata. Lalu kita memberikan perhatian terhadap gambar tersebut, bahwa dalam gambar itu terlihat kumpulan orang yang sedang melakukan meeting atau rapat dan terlihat bahwa mereka sedang bercakap-cakap sambil sesekali tertawa. Dan dalam gambar itu juga terdapat sifat-sifat luar yang dapat kita lihat dengan kasat mata. Contohnya adanya LCD proyektor sebagai pentransfer informasi kepada para komunikan.

Nah, itu baru lah satu foto yang menjadi objek analisis kita, bagaimana kalau semua foto yang pernah tercipta di kehidupan kita? Pastinya semakin beraneka ragam pesan komunikasi yang kita dapatkan. (ek).
read more
0 komentar

Ibukota di negara-negara yang memiliki arsitektur terindah

1. Barcelona , Spanyol


Mari kita mulai dengan Rumah Sakit de Sant Pau dan Palau de la Musica Catalana, di mana teman-teman akan terpukau dengan hasil pekerjaan tradisional dari arsitek Catalan Lluis Domenech i Montaner. Bangunan-bangunan ini telah ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Teman juga harus melihat pekerjaan dari arsitek lain yaitu Antoni Gaudi, buatannya lebih terkenal seperti : Casa Mila, Park Guell dan Candi Expiatori de la Sagrada Familia. Dari sana, lihat karya kontemporer dari Santiago Calatrava di Menara Komunikasi Montjuic, ditambah "Ikan" Frank Gehry di pembukaan Olimpiade kota Port. Setelah itu, ayo telusuri Las Ramblas, sebuah jalan pasar yang besar di Gothic Quarter. Untuk berbagai perusahaan arsitektur klasik dan modern, Barcelona merupakan kota yang berarsitektur terindah.



2.Paris , Prancis

Berjalan-jalan di kota ini bisa merasa seperti berada di tengah salah satu museum seni besar. Untuk di abad pertengahan, bangunan Renaissance nouveau neoclassic dan seni, Paris juga luar biasa untuk potongan modern yang bercampur dengan yang klasik untuk mengingatkan orang itu lebih dari sekedar museum. Bahkan, mantan Presiden Prancis Francois Mitterrand merasa sangat kuat tentang gagasan bahwa ia sanksi proyek arsitektur modern yang disebut "Grands Travaux" di era 80-an untuk memperbarui gaya klasik kota. Hasil termasuk pintu masuk kaca piramid Louvre, ditambah proyek modern lainnya.


3.Chicago, Illinois
Lebih dari sekedar tempat yang bagus untuk Hot Dog yummy dan yang amat senang olahraga, Kota Windy juga dianggap tempat kelahiran arsitektur Amerika modern. Setelah Kebakaran Besar pada tahun 1871 dibakar lebih dari 2.000 hektar bangunan, Chicago sebagian besar memiliki batu tulis kosong untuk bekerja. Arsitek pindah dan membuat beberapa bangunan paling mengesankan di dunia. Untuk memberikan ide apa yang tampak seperti kota, perhatikan bahwa kata "pencakar langit" diciptakan di ibukota arsitektur. Landmark kota meliputi: Menara Sears - bangunan tertinggi AS, Bangunan Wrigley - gedung perkantoran segitiga yang merupakan markas bagi perusahaan permen karet, dan Kota marina - yang identik dengan "jagung rebus" bernama bangunan yang ditampilkan di album sampul alt-rock Wilco Yankee Hotel Foxtrot.

4.Berlin, Jerman

Karena tembok jatuh pada tahun 1989, Berlin difokuskan untuk mengubah gedungnya. Beberapa yang paling terkenal termasuk: Reichstag, parlemen Nazi satu kali yang diciptakan dengan kubah kaca di atas, sedangkan Potsdamer Platz ditinggalkan sekali-distrik didesain ulang dan sekarang termasuk Sony Center yang mengesankan, dan kuartal DaimlerChrysler yang dibangun dari baru dalam lima tahun. tambahan lainnya adalah sebuah kedutaan, baru Inggris modern, dan Museum Yahudi yang dirancang oleh Daniel Libeskind.

5.Shanghai, China

China memfokuskan Shanghai adalah salah satu proyeknya. Skala saat pembangunan adalah sangat ekstrim bahwa pembangunan persetujuan dan keputusan yang dibuat dalam hitungan jam dibandingkan dengan bulan di negara-negara Barat. Hal ini menjelaskan kabupaten Pudong kota, yang dianggap sebagai pusat kota yang meliputi pembangunan kota tertinggi, Tower Jin Mao , ditambah Tower Oriental Pearl , yang merupakan mal, hotel dan tempat observasi. Teman-teman akan melihat lebih dari masa lalu kota sepanjang pantai di Kawasan Bund dengan lebih gaya arsitektur kolonial. Semakin, gaya ini sedang dipindahkan dengan potongan-potongan modern seperti Shanghai Grand Theatre, dan klaim masa depan untuk bangunan "tertinggi dunia"-World Financial Center.

6.Roma, Italia

Seperti Athena, Roma adalah sebuah arsitektur yang paling disorot pada awal peradaban Barat. Bangunan klasik seperti : Colosseum, Pantheon, Forum Romawi dan Kuil Venus dan Roma. Ini sedikit bersaing dengan bangunan baru seperti : Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Kapel Sistina, dan Monumen Nasional Victor Emmanuel II. Meskipun tidak sangat dikenal untuk bangunan modern, kelimpahan Roma kuno, klasik dan arsitektur kebangkitan lebih dari cukup untuk memberikan kota ini tempat yang pantas di daftar modal arsitektur kita.

7.Athena, Yunani
Acropolis, situs peradaban Yunani awal yang juga mencakup inspirasi bagi peradaban modern kita, kota ini memberikan kekuatan arsitekturalnya. Teman-teman akan melihat kolom klasik Yunani-Romawi mendukung Parthenon, ditambah desain hiasan ditarik ke dalam bagian atas mereka. Mungkin akan memfokuskan seluruh waktu teman di sini, tapi jika teman masih lapar lebih setelah ini, check out dari Akademi Athena-versi yang lebih modern gaya Yunani-Romawi klasik, ditambah Olimpiade Athena yang baru saja diperbarui Stadion. Bukan rahasia lagi bahwa daya tarik kota ini adalah arsitektur kuno, untuk itu telah menerima tempat di ibukota daftar arsitektur kita.



sumber: http://fenz-capri.blogspot.com/2010/12/top-7-ibu-kota-dengan-desain-arsitektur.htm



read more
0 komentar

Istilah 4l4y di negara lain

     Sudah tahu kan kalau istilah alay yang berkembang di Indonesia seperti apa? Nah, kalau ada yang belum tahu, baca aja postingan ku yang sebelumnya. 
     Sekarang nih, bukan lagi istilah alay yang berkembang di Indonesia yang akan penulis bahas, tapi istilah alay di negara-negara lain. Ternyata tiap negara punya istilah lain pada komunitas ini dan istilah ini unik-unik loh. Penasaran seperti apa? Let's see.
Truzzi
  1. Italia : Truzzi. Katanya sih komunitas ini berasal dari anak-anak orang kaya yang bingung mau menghabiskan duitnya dengan cara seperti apa. Jadi, mereka membuat trend sendiri dan hasilnya seperti alay.    
  2. Inggris : Chavz (Chavette buat cewek). Chavs ini merujuk ke "aggressive teenagers, of white working class background" alias remaja2 yg agresif dari kelas pekerja. Fenomena chavs di inggris sendiri udah ga aneh lagi, mereka ada dimana-mana, sering nongkrong di depan McDonald's padahal ga beli apa2 cuma nongkrong doang . Chavs juga punya style mereka sendiri yaitu sering make topi Bulberry (yg palsu ato kw pastinya), trus pake jaket training dan sedikit "bling-bling" . Kebanyakan dari chavs ini adalah hooligan alias bonek :P. Mereka juga punya bahasa mereka sendiri yg disebut "chavlish" yg menggunakan poor form of english (kata orang sana). Contoh bahasa chavlish : "How's it going bruv? Get me innit?" (Bruv = chavlish dari brother/bro, Innit = bentuk chavlish dari isn't it). Mereka juga sering nyingkat2 kata kalo SMSan contohnya : "r u going 2 d game l8er m8?" = "are you going to the game later mate?"
  3. Jerman : Proll. Proll ini dari kalangan working class, mereka juga penganut White Power jadi mereka ini rasis abis. Style mereka juga seperti paraSkinhead. Tapi tetep aja, di negara mereka sendiri mereka dianggap sampah dan "alay" karena gaya dan kelakuan mereka.
  4. Australia : Bogan. Bogan ini kebanyakan berasal dari low class background. Bogan gak rese' ato membahayakan. Mereka cuma sering menganggu pemandangan aja dengan gaya dan kelakuan mereka. Mereka kedapatan sering minum-minum di tengah malam sambil membuat keributan. Tapi setelah diusir sekali mereka juga langsung bubar. 
  5. Irlandia : Skanger/ scangers. Skangers/scangers sebenernya gak jauh beda sama chavs karena masih deketan negaranya. Bedanya cuma di aksen mereka, skangers menggunakan Pikey accent kalo penasaran sama aksen ini bisa di search di youtube . Kalau pernah nonton film "Snatch" (yg maen Brad Pitt) di film itu Brad Pitt dkk ngomong pake Pikey accent.
  6. Skotlandia : Ned. Gaya para Neds ini emang keliatan "kampungannya" kalo foto-foto sering nunjukkin jari tengah dll. 
  7. Afrika Selatan : Zef. Deskripsi gampang buat Zef : "You're poor but you're fancy. You're poor but you're sexy" alias "biar gembel tapi keren!" . Gaya mereka ini campuran dari modern, trashy dan ketinggalan jaman.
  8. Amerika Serikat dan Kanada : Redneck/krackers. Ini dia "alay" yg paling gokil! Mungkin teman-teman udah ga heran ya sama istilah redneck. Mereka ini kurang pendidikan, kuper dan gaptek. Mereka berasal dari pelosok/kampung. Kata redneck berasal dari leher mereka yg merah karena kebanyakan bekerja dibawah sinar matahari. Yang bikin mereka gokil, saking minimnya pengetahuan mereka banyak dari mereka yg sering berhungan sex dengan saudara sendiri! Banyak juga dari mereka yg kimpoi sama saudara sendiri (kakak laki2 dengan adik perempuan atau sebaliknya). Dan seremnya perkimpoian sedarah itu menghasilkan anak-anak yg cacat seperti lahir dengan mata cuma satu, tangan pendek sebelah dll.
  9. Filipina : Jejemon. "a new breed of hipster who have developed not only their own language and written text but also their own sub-culture and fashion." Mereka menciptakan bahasa mereka sendiri, tulisan mereka sendiri dan fashion mereka sendiri. Contoh-contoh bahasa/kata-kata jejemon : "i wuD LLyK tO knOw moR3 bOut u. crE 2 t3ll mE yur N@me? jejejejeje!" artinya dalam bahasa inggris yg baik dan benar "I would like to know more about you, care to tell me your name?

Zef
Redneck/kracker

Sumber : kaskus.us dan http://uniksembarangan.blogspot.com


read more
0 komentar

Foto Alay dari tahun ke tahun versi Eka

Foto bisa menggambarkan suasana atau moment-moment tertentu. Sebuah foto bisa merupakan media ungkapan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, foto dapat mereplikasikan situasi pada saat itu karena sebuah foto dapat berlaku jujur sesuai dengan moment yang terekam di dalamnya. Media ini pun tak jarang menjadi sarana narsisme anak muda dari jaman ke jaman, tak terkecuali foto-foto anak alay.
 
Yuk,, intip foto-foto yang bisa di kategorikan sebagai foto alay dari jaman jadul sampai sekarang ini.

Foto tahun 1960an

Foto tahun 1970an

Foto tahun 1980an


Foto tahun 1990an


Foto tahun 2000an sampai sekarang



Sumber foto:
http://maspungky.multiply.com/photos/photo/23/3
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5966768&page=12

http://kamissore.blogspot.com
dan google.com

read more
0 komentar

Apakah Aku Alay???

“ALAY”…yaaa kata-kata ini happening banget beberapa tahun belakangan ini… Alay alias Anak Lebay merupakan sebutan untuk anak-anak atau remaja yang dinilai berlebihan dalam melakukan sesuatau misalnya gaya foto narsis, gaya tulis sms yang berlebihan, gaya berbicara yang berlebihan, pokoknya semuanya yang serba berlebihan.
Kata “Lebay” sendiri sebenarnya berasal dari kata lebay atau berlebihan. Menurut sumber yang berasal dari situs jejaring sosial Facebook,  ciri-ciri alay sebagai berikut:
TINGKAT PALING RENDAH:
·        Nulis kata disingkat, seperti "lagi apa?" gi pha?? atau bosen banget jadi "bsen bgd nh"
·        Memakai simbol tambahan. "p@ k@bar L0e??" atau "~hha..~ y nh.. lg bosen~"
·        Menggunakan huruf Z dibelakang kata. "mlz bgtz!" atau "gurunya malezin yh"
·        Comment orang dengan minta balasan kaya "repp iah!" / "blz dum" / "reply dsini iiaaa"

TINGKAT RENDAH
·        Penggantian kata! gue / gw / gua = w, lo / lu = lw / loe. dong = dumzz / dwunhh
·        Foto serba diediiiiit abis apalagi yang editnya, edit kampung

TINGKAT SEDANG
·        Mamerin kebisaan status, misalnya "eh w kan menang track motor lohh.." atau "eh w les nyetir dong.." dan yang lebih oon nya "eh w makin oke dan top ya tiap hari" (halah)
·        Rusuhin comment foto. misalnya cuma dicomment "cantik deh/ganteng deh" balesnya "emg gw gnteng gtuu, y krna trlahir dh ganteng kli ya?? hha. dan kyanya. blabalabla"
·        Nickname digabung sama nama org yang disuka dengan cara gajelas. misalnya (kalo namanya sama maaf ya) "delita saiianks si luthuu.." atau "delita cinta dya" gitulah ya aezzz...
·        Bikin album yang isinya artis favorit mereka. contoh "kangen band khuzuz loh!!" apalagi albumnya pake dikunci, yah capedeh!!

ALAY TINGKAT PARAH!
·        Barang abal yang dipamerin ketemen terus dia ngaku beli di singapore. amrik . dan sbgainya. "eh liat nih gue beli gelang dijerman gituloh asli kalo ga salah sih dirupiahin 500 ribu ya." padahal dia beli di itc aja!! yang 10 ribu 5 hahaha.
·        Tulisan gede-kecil. "aLoW kLiAnZ hArUz ADd GwE YaH!!" atau dengan angggka "K4Ng3nZ dWEcChh" NNNNNZZZZZ
·        Minta di add di status update, "j9n lupa ett ghw"
·        Gaya dengan bibir monyong, telunjuk nempel bibir, gaya tangan dengan oke dipinggir kepala dan foto dari atas wakaka
·        Ngepost bulbo cuma buat kasih tau dia lagi online & minta comment
Mungkin bagi sebagian orang, kebiasaan-kebiasaan diatas adalah hal yang biasa, namun jika sudah benar-benar berlebihan, aduuuuhhhh…..sumpah itu Alllllaaaay….sampai-sampai di Facebook ada beberapa orang yang tergabung dalam sebuah group “ANTI ALAY”…ckckckckck…dasar jaman makin edan…huuuh !!!!!
Apabila kamu merasa begitu, ubah aja sikapmu supaya km ga di cap alay!!

Sumber: google.com
read more
Free Website templatesSEO Web Design Agencyfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates