3 Primadona Bima

Sepertinya tidak afdol kalau suatu daerah tidak mempunyai produk unggulan kebanggaan. Begitu pula dengan Bima. Produk unggulan Bima yang sudah banyak terkenal diseluruh pelosok negri adalah madu alam Bima, tembe nggoli (sarung tenun) dan mutiara alam. Yaps, ketiganya seakan menjadi primadona Bima.

Madu alam bima merupakan hasil alam yang berasal dari lebah liar (hutan) yang memiliki khasiat tinggi. Hal ini dikarenakan berasal dari nectar berbagai macam bunga dalam hutan asli. Maka tak heran bila madu alam bima banyak dicari baik oleh penduduk sekitar maupun masyarakat luar Bima. Di bima selain madu merah yang sering diketahui, juga terdapat madu putih yang jika disimpan lama akan mengkristal sehingga disebut madu kristal.
Tembe nggoli khas bima adalah sarung tenun khas Bima yang terbuat dari benang kapas (katun) dengan warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan. Sarung tenun khas bima memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan sarung tenun daerah lain yaitu hangat, halus, lembut, tidak mudah kusut, warna cemerlang lebih lama. Bagi orang bima memakai sarung masih menjadi kebiasaan baik bagi pria maupun wanitanya. Wanita bima biasanya memakai sarung sebagai bawahan ataupun sebagai "Rimpu" (cara menutup aurat dengan cara menutup wajah atau mata saja).


Mutiara alam bima sekarang dapat dikatakan sebagai salah satu produk dari Bima, karena semakin banyak penghasil/pengambil mutiara di Bima, misalnya di daerah Karumbu, Sape dan lain-lain.




0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesSEO Web Design Agencyfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates