Kuliner Uta Maju di Kota Bima


Jalan-jalan ke Kota Bima tidaklah lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner uta maju (daging rusa/kijang). Uta Maju di daerah berbeda dengan uta maju daerah lain, karena biasanya daging rusa di Bima diawetkan dengan cara didendeng. Dendeng daging rusa tidak memakai bumbu yang macam-macam seperti dendeng umumnya yang memakai ketumbar dan gula. Tetapi hanya menggunakan garam. Entah karena orang Bima jaman dahulu tidak mengenal bumbu yang lain atau bagaimna, namun cita rasa orisinilnya tidak dapat dikalahkan dengan dendeng umumnya. Sangat lezat dan dagingnya berserat empuk. 

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena biasanya jenis dendeng seperti ini dapat diolah kembali menjadi berbagai macam aneka macam makanan lagi. Seperti mpal goreng, dendeng balado atau bisa juga disayur atau makanan berkuah. Selain itu juga bukan hanya dagingnya saja yang dapat dibuat dendeng, biasanya orang Bima juga mengubah tulang iga untuk diawetkan. Unik kan? Tidak ada salahnya mencoba kuliner yuk.  

Sumber: bimacenter.com dan http://ademataho.multiply.com

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesSEO Web Design Agencyfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates