Pulau Gili Banta dan misteri alamnya


Bima adalah kota sebelah timur pulau Sumbawa sehingga tidak heran bila wisata yang dapat dikembangkan disana adalah wisata laut. Salah satunya wisata Pulau Gili banta Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB. Pulau yang berada di jalur pelayaran Sape-Labuan Bajo ini, berbatasan dengan laut Flores di sebelah Utara dan Barat, sebelah selatan dengan selat sape dan sebelah timur dengan pulau Komodo. Pulau ini adalah pulau yang jarang di kunjungi oleh penduduk maupun nelayan lokal karena arusnya sangat deras dan berputar-putar. Namun di balik keganasan arusnya Gili banta memiliki sejuta pesona alam yang menggelitik jiwa.

Diantaranya pesona terumbu karang bawah lautnya yang berwarna violet dan hitam, rumput laut yang terdapat di sela-sela karang, biota laut seperti kima, lobster, bintang laut, ikan kepe-kepe dan yang lebih menakjubkan setiap bulan Juni-Juli sering terjadi migrasi bagi lumba-lumba dan paus. Jadi, tak ada salahnya kalau mau berkunjung ke pulau ini di bulan Juni atau Juli.

Untuk bisa sampai ke pulau ini memang tidak ada sarana transportasi khusus, disebabkan oleh jarangnya wisatawan yang mengenal pulau ini. Penyebarangan ke Gili banta dari selat sape dapat ditempuh selama 3 jam dengan menggunakan perahu motor.

Sumber: www.kp3k.dkp.go.id

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Website templatesSEO Web Design Agencyfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates